Followers


ShoutMix chat widget
Fery Valdano
Fery Valdano
Create Your Badge
celotehnya ferydungu

Tukeran Link Yuk...!
Silahkan copy kode di atas...!
Saya akan segera link balik...!
ashAvatar Soft4ever Nugra Daily Site - Another Smarter Blog

Tips Bayar Pajak Motor


Halo teman.. kali ini saya ingin berbagi pengalaman bayar pajak motor di kantor SAMSAT pontianak.

jadi buat yang akan, atau belum pernah bayar pajak langsung di kantor SAMSAT pontianak, mungkin tulisan saya ini bisa membantu anda.



Seperti yang kita tahu, sebagai pengguna kendaraan bermotor, kita dikenakan pajak setiap tahunnya. nah, pembayaran pajak kendaraan bermotor biasa dilakukan di kantor SAMSAT, walaupun beberapa waktu yang lalu kita juga bisa membayar pajak motor di stand yang dibuka di A.Yani Mega Mall. Saya sendiri tahun lalu membayar melalui stand tersebut. simple, tidak makan banyak waktu, tidak ada calo, bisa sekalian mejeng di mall. :)



Tapi... itu tahun kemaren... tahun ini? saya pingin bayar lagi di stand Mega Mall, tapi kok saya sudah keliling, tidak ketemu stand nya ya? Ya sudah, saya putuskan untuk bayar langsung di kantor SAMSAT jalan adi sucipto. Nah, disini ini yang bikin saya bingung. Berikut tips dari saya biar tidak ikut merasa kebingungan seperti saya.



siapkan fotokopi BPKB, KTP, STNK masing-masing 1 lembar. kalau anda fotokopi di kantor SAMSAT, biaya fotokopi yang cuma berapa lembar itu kena tarif 1000 (kalo tetep mau fotokopi di situ juga gpp, kan cuma 1000) lokasi tempat fotokopinya ada di sebelah kiri setelah pintu masuk.

ikutin panah biru, untuk menuju tempat fotokopi

setelah itu ambil formulir merah untuk pengesahan & perpanjangan (saya lupa itu formulir apa, mungkin formulir pendaftaran) yang isinya, nama pemilik BPKB, no pol, alamat. biaya: gratis.

ikuti panah biru, untuk mengambil formulir

isi formulir yang sudah diambil tadi di meja yang disediakan. ingat, bawa pulpen dari rumah, karena di kantor yang sebesar itu, disediakan meja untuk nulis-nulis, tapi pulpennya tidak ada. bila ada oknum yang berbaik hati menawarkan pulpen atau bahkan mengisikan formulir anda tadi. bisa jadi oknum tersebut adalah calo. seperti yang saya alami. saya tidak bawa pulpen, tiba-tiba ada bapak-bapak berbaik hati mengisikan formulir saya, tapi di ujung bantuan ada ngomong gini "nah abis ini, abang ambil nomor antri, ini biar saya yang urus, abang kasi saya uang rokok aja"

saya jawab "maaf pak, merokok tidak baik untuk kesehatan, sini biar saya urus sendiri aja"

oh iya jangan lupa, fotokopi STNK, BPKP, KTP, surat pajak lama (asli) + STNK (asli) di masukkan kedalam map. setelah itu ambil nomor antri di meja satpam. nanti anda diberi karcis antri 2 lembar.

setelah itu, langsung antarkan map tadi ke loket 1 (loket atau apa sih sebutannya?) pokoknya disitu tempatnya polisi/polwan. petugas tersebut akan mengambil map dan karcis antri kita, yang selembarnya dikembalikan ke kita.

loket tempat anda mengantarkan map di tunjukkan panah biru

Beres, anda tinggal duduk di ruang tunggu yang disediakan. kebetulan di hari saya membayar, queue machine nya mungkin sedang rusak. jadi karcis yang saya pegang tidak berfungsi, petugas memanggil nama kita menggunakan microphone. tunggu sampai loket bank (nomor 3) memanggil anda, untuk melakukan pembayaran pajak motor anda.

setelah itu petugas akan memberikan anda surat pajak yang baru, plus sebuah kartu asuransi. tapi jangan langsung pulang. karena anda harus mengambil STNK anda di loket nomor 4. setelah itu baru anda bisa pulang. plus bisa memberikan penilaian terhadap pelayanan SAMSAT di mesin yang tertempel di dinding dekat loket nomor 4 (ditandai warna merah)





n/b:

tips ini khusus untuk bayar pajak motor. untuk bayar pajak mobil, balik nama atau yang lainnya, saya tidak tau.

jangan pernah bertanya, kenapa di gedung yang punya security, tapi calo masih bebas berkeliaran.

1 comments:

IQRA said...

Thanks infonya.

Post a Comment